Preprint / Version 1

PENGARUH METODE SQ3R (PEMBELAJARAN SURVEY,GUESTION, READ, RECITE, DAN REVIEW) TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI CERITA BERGAMBAR SISWA KELAS IV SD 45 TALAGA KOTA ENREKANG

##article.authors##

  • RISMA Univeristas Islam Makassar

Abstract

Risma (18.082.014.052), 2023. “Pengaruh Metode SQ3R (Pembelajaran Survey,Question,Read,Recite, Review) Terhadap Keterampilan Membaca Melalui Cerita Bergambar Siswa Kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Makassar. Dibimbing Oleh Badruddin Kaddas dan Syarifah Nur Fajrin Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, dan Review (SQ3R) terhadap keterampilan membaca melalui cerita bergambar siswa Kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pre eksperimental dengan jenis One Group pretest-posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah 30 siswa dari kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa soal cerita bergambar sebanyak 5 nomor. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistika, yaitu statistika deskriptif dan statistik inferensial.


Dari hasil analisis statistika deskriptif dan statistik inferensial diperoleh nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) sebesar 36,16, berada pada kategori rendah dengan tingkat ketuntasan sebesar 33,33%, yang berarti hanya 10 siswa yang telah tuntas. Sedangkan nilai rata-rata siswa setelah diberikan perlakuan (posttest) sebesar 71,33 dengan seluruh siswa mencapai tingkat ketuntasan. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai t_hitung sebesar 23,26 dengan derajat kebebasan (dk) sebesar 29 (30 - 1). Pada taraf signifikansi 5%, nilai t_tabel sebesar 2,045. Dengan nilai t_hitung yang lebih besar daripada nilai t_tabel pada taraf signifikansi 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak, yang berarti tidak ada pengaruh dalam penggunaan metode SQ3R terhadap keterampilan membaca melalui cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang. Sebaliknya, hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang berarti ada
pengaruh dalam penggunaan metode SQ3R terhadap keterampilan membaca melalui cerita bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD 45 Talaga Kota Enrekang.

Additional Files

Posted

11/09/2023